Pengertian Besaran Vektor

Halo semua...

Pernahkah kalian naik mobil di jalan tol yang lurus? Pernahkah kalian perhatikan besaran apa saja yang ada pada mobil yang bergerak di jalan tol itu? Kalau belum pernah coba lihat jalan tol di bawah ini. Perhatikan mobil yang ada di situ dan sebutkan beberapa besaran yang ada.
Ilustrasi
Apa saja besaran yang ada pada mobil? Besaran-besaran tersebut di antaranya massa, kecepatan, perpindahan, percepatan, gaya, jarak, waktu, suhu, dan sebagainya. Di antara besaran-besaran tersebut ada besaran yang mempunyai arah dan ada pula yang tidak mempunyai arah.

Besaran yang mempunyai arah disebut besaran vektor. Contohnya adalah kecepatan, perpindahan, percepatan, gaya, dan sebagainya.

Sedangkan besaran yang tidak mempunyai arah disebut besaran skalar. Contohnya adalah massa, jarak, waktu, suhu, dan sebagainya.

Pada mobil, terdapat gaya yang merupakan besaran vektor. Gaya-gaya tersebut ada yang arahnya ke depan, yaitu gaya dorong mobil sehingga mobil bergerak ke depan. Ada juga yang arahnya ke belakang, yaitu gaya gesek kinetis antara ban dengan jalan. Ada pula yang arahnya menyamping, misalnya gaya gesekan udara dari samping.

Simbol dan Gambar Vektor


Vektor digambarkan dengan anak panah dan disimbolkan dengan huruf yang atasnya diberi tanda panah. Bisa juga disimbolkan dengan huruf tebal (bold). Maka, pada gaya yang memiliki simbol F, harus ditulis dengan huruf F yang diberi tanda panah di atasnya atau dengan huruf tebal. (Nb: Di pembahasan ini, vektor ditulis dengan huruf tebal karena keterbatasan cara penulisan).

Jadi, vektor gaya digambarkan seperti berikut:

 

atau


Vektor digambarkan dengan anak panah. Panjang anak panah menyatakan besar vektor, sedangkan arah anak panah menyatakan arah vektor.

Vektor Sejajar dan Berlawanan


Sebuah vektor dikatakan sejajar jika memiliki besar dan arah yang sama. Sedangkan, jika arahnya berlawanan tetapi memiliki besar yang sama maka vektor itu berlawanan. Lihat gambar.


Pada gambar di atas, yang disebut sebagai vektor sejajar adalah vektor a dan b. Sedangkan yang disebut vektor berlawanan adalah vektor a dan c atau b dan c.

Besar Vektor


Besar vektor pada pembahasan di atas ditunjukkan oleh panjang atau pendeknya anak panah. Besar vektor adalah nilai dari vektor tersebut. Misalnya sebuah gaya F memiliki besar 3 N. Besar vektor biasanya ditulis dengan huruf miring dan tanpa anak panah di atasnya atau dengan harga mutlak vektor tersebut. 

Besar F = F = |F|

Besar vektor merupakan besaran skalar dan tidak mempunyai arah, sehingga nilainya selalu positif.

0 komentar