Gerak Vertikal ke Bawah (GVB)

Halo semua...

Ketika kalian berada di sebuah tebing, coba lemparkan batu ke bawah. Tapi, ingat harus dilihat dahulu di bawah ada orangnya atau tidak. Takutnya kalau ada orang malah kena kepalanya. Hehehhehe... Nah, saat kalian melempar batu itu, perhatikan kecepatannya. Pasti semakin cepat kan?

Sekarang coba saksikan pertandingan basket. Kita menyaksikan seorang pebasket sering memantulkan bola ke lantai. Sama seperti lemparan batu di atas, kecepatan bola juga semakin cepat, tetapi tidak terlalu banyak perubahannya. Jadi kita tidak bisa melihatnya.
Ilustrasi
Beberapa hal di atas merupakan contoh dari gerak vertikal ke bawah. Lalu apa perbedaan gerak ini dengan gerak jatuh bebas?

Sebenarnya keduanya merupakan gerak yang sama. Keduanya juga sama-sama  GLBB. Namun, biasanya di pelajaran SMA dibedakan antara keduanya. Perbedaannya adalah pada sisi kecepatan awalnya (v0). Jika pada gerak jatuh bebas, v0 = 0, maka pada gerak vertikal ke bawah v0 bukanlah nol. Artinya v0 memiliki kecepatan awal. Sedangkan persamaan antara kedua jenis gerak ini adalah arahnya sama-sama ke bawah. Selain itu, keduanya juga sama-sama dipengaruhi percepatan gravitasi.

Baca juga:

Persamaan (rumus) gerak vertikal ke atas sama dengan GLBB, hanya simbol-simbolnya saja yang berbeda. Berikut ini adalah rumus-rumusnya:
Pada persamaan di atas, ht adalah ketinggian benda pada saat t diukur dari posisi awal ke bawah, bukan dari tanah. Jadi, ht adalah selisih antara posisi awal (y0) dengan posisi akhir (yt) dari atas tanah.
Posisi benda pada saat t (yt) dapat dicari dengan persamaan:


Contoh soal:
Seseorang menjatuhkan batu dari atas tebing setinggi 40 m. Jika batu dijatuhkan dengan kecepatan awal 10 m/s lurus ke bawah, dan g = 10 m/s², maka tentukan kecepatan saat menyentuh dasar tebing dan waktu yang dibutuhkab untuk mencapainya!

Penyelesaian:
Diketahui:
ht = 40 m
v0 = 10 m/s
g = 10 m/s²

Ditanya:
vt = ... ?
t = ... ?

Jawab:

Jadi, batu itu memiliki kecepatan 30 m/s saat menyentuh dasar tebing dan waktu yang dibutuhkannya adalah 2 detik.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang gerak vertikal ke bawah. Semoga bermanfaat.

0 komentar